rss

Rabu, 22 Desember 2010

Tracking Email Dengan Mozilla ThunderBird

Berikut ini adalah contoh pelacakan atas pengirim email yang dikirimkan dari Account email @GMAIL ke email @YAHOO.CO.ID dengan mengunakan email Client Mozilla ThunderBird. Jika mengunakan email Client yang lain ( Outlook, Evolution, TheBat, dll ), silahkan di Explore sendiri karena tidak terlalu jauh berbeda. Tahapan yang kita lakukan untuk melihat ASAL SEBUAH KIRIMAN EMAIL adalah dengan memanfaatkan fitur MESSAGE SOURCE.
Pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan setting email Client seperti biasanya hingga SENT dan RECEIVE email berfungsi dengan NORMAL.
Kedua : Buka atau klik email yang akan di analisa lalu klik menu VIEW terus pilih Message Source, seperti gambar dibawah ini.
Ketiga : Selanjutnya akan muncul tampilan gambar dibawah ini dan pelototi dengan teliti tulisan / teks yang ada disitu. Lalu….
Keempat : Perhatikan pada gambar diatas ini, tulisan dalam kotak biru tersebut. 192.168.88.240 adalah IP Address LOCAL dari PC yang saya gunakan untuk mengirim email GMAIL dan IP Address : 110.232.68.81 adalah IP Public yang menjadi Gateway akses internet PC saya tersebut.
Kelima : Kita uji lagi / analisa lagi pengiriman email yang kedua dengan mengunakan PC yang berbeda. Perhatikan gambar dibawah ini.

Keenam : Perhatikan tulisan dalam kotak biru gambar diatas. 192.168.88.100 adalah IP Address LOCAL dari PC yang saya gunakan untuk mengirim email GMAIL dan IP Address : 125.164.75.150 adalah IP Public yang menjadi Gateway akses internet PC saya tersebut.
Oke lah kalo begitu, silahkan dicoba sendiri trik ini. Sangat mudah koq, walaupun realitanya banyak orang yang bisa mengirim email dengan berbagai teknik untuk menyamarkan dirinya. Namun, setidaknya kita bisa memahami TRACING EMAIL SENDER ini dan tidak jarang orang yang suka mengunakan email untuk SPAMMING ataupun untuk men-TERROR orang lain kebanyakan mereka sembrono alias gegabah sehingga IP Address tukang terror tersebut dapat di lacak dengan mudah. So… himbauan saya… gunakanlah email ataupun internet untuk sesuatu hal yang lebih bermanfaat alias gunakan secara PROPORSIONAL

0 komentar:


Posting Komentar

Blog Archive

 

About Me