rss

Sabtu, 25 Desember 2010

Teknologi VDSL

VDSL, very high data rate digital subscriber line, merupakan salah satu varian dari teknologi xDSL. VDSL (Very high bit rate Digital Subscriber Line) adalah merupakan teknologi yang memanfaatkan saluran telepon existing atau PSTN untuk akses layanan Triple Play. Sepasang modem (VTU-C & VTU-R) untuk menyalurkan data kecepatan tinggi atau untuk mentransmisikan signal digital dengan menggunakan media transmisi berupa kabel tembaga. VDSL menyediakan bandwidth secara dedicated (no-share bandwidth).
VDSL membagi bandwidth menjadi 2 bagian :
1.Band frekuensi rendah (0 ~ 4 KHz) untuk voice (POTS)
2.Band frekuensi tinggi (300 KHz ~ 12 MHz) untuk data.
Teknologi VDSL memiliki 2 jenis transmisi yaitu transmisi simetrik dan asimetrik. VDSL juga diistilahkan dengan BDSL (Broadband DSL) karena dapat mendukung layanan-layanan komunikasi broadband. Dengan kecepatan transmisi data 12Mbps – 52 Mbps arah bawah (downstream) dan 1,6 Mbps – 6,4 Mbps arah atas (upstream). Jarak yang dapat ditempuh teknologi ini cukup pendek sekitar 300 meter sampai 1500 meter, menggunakan twisted pair copper wire, teknologi modem VDSL sebagai suatu langkah maju teknologi x-DSL setelah pengembangan teknologi ADSL.

Secara umum, teknologi VDSL mempunyai karakteristik sebagai berikut:
1. Jumlah pair kabel = 1 pair kabel.
2. Mode transmisi = simetrik dan/atau asimetrik (tergantung produk vendor).
3. Untuk mode asimetrik, kecepatan downstream sampai dengan 52 Mbps.
4. Untuk mode simetrik, kecepatan downstream = upstream, sampai dengan 25 Mbps.
5. Dalam implementasinya, VDSL diterapkan dalam sistem remote DSLAM atau MSOAN, kombinasi dengan jarlokaf, dan VDSL terpasang pada jaringan kabel tembaga yang relatif pendek.
Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan VDSL adalah :
• Menggunakan kabel tembaga eksisting. Hampir 90% jaringan akses saat ini adalah kabel tembaga.
• Menghemat investasi penggelaran jaringan baru.
• Cepat dalam proses instalasi.
• Mendukung transmisi data kecepatan tinggi hingga 52 Mbps untuk downstream dan 6,4 Mbps untuk upstream.
• Layanan multimedia mempersyaratkan penggunaan bandwidth yang lebar dan kecepatan tinggi.
Modulasi DMT
DMT (Discrete Multitone) adalah metoda yang paling banyak digunakan pada x-DSL. DMT akan membagi frekuensi menjadi 256 kanal yang masing-masing lebarnya 4.3125KHz.
spektrum frekuensi teknologi vdsl.jpg

Sumber :http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=10%3Ajaringan&id=147%3Ateknologi-vdsl&option=com_content&Itemid=15


Selengkapnya >> Teknologi VDSL

TCP

TCP adalah suatu protokol yang berorientasi koneksi artinya sebelum setiap data dapat dikirim , kedua end point harus membangun suatu koneksi dengan pengiriman paket kontrol bolak-balik. ketika koneksi tida diperlukan lagi, koneksi dapat ditutup oleh aplikasi. Suatu sistem komunikasi data yang kompleks tidak menggunakan sebuah protokol saja untuk menangani seluruh proses dan pemasalahan transfer data melainkan menggunakan sekumpulan protokol yang saling bekerja sama tapi sifatnya independent satu sama lain. Sekumpulan protokol ini disebut protocol suite, contohnya TCP TCP/IP terdiri dari 4 layer dan dapat digambarkan seperti Gambar di bawah ini

aplikasi dan layer pada tcp.jpg

a. Application Layer

Lapisan ini berisikan logik yang dibutuhkan untuk mendukung berbagai aplikasi user. Dalam layer yang paling atas ini, user memanggil program aplikasi yang memanfaatkan servis yang tersedia dalam TCP/IP. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), merupakan salah satu contoh protokol standar untuk e-mail yang ada di layer ini. Setiap aplikasi memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran dari masing-masing aplikasi tersebut dapat dilihat pada Tabel dibawah ini

ukuran paket aplikasi.jpg

b. Transport Layer

Tugas utama dari Transport Layer adalah menyediakan komunikasi dari suatu program aplikasi di sebuah sumber dengan program aplikasi di sisi tujuan. Layer ini juga untuk memastikan bahwa seluruh data tiba di aplikasi tujuan dan sesuai dengan data yang dikirim. TCP adalah protokol yang bertanggung jawab atas fungsi ini. Selain itu Transport Layer juga mengatur kecepatan pengiriman paket dari komputer sumber ke komputer tujuan.

c. Internet Layer

Layer ini mengatur komunikasi data yang akan melewati berbagai macam kondisi jaringan (jaringan yang berbeda-beda) yang dihubungkan melalui router. Router adalah suatu prosesor yang menghubungkan dua jaringan dan fungsi utamanya adalah untuk me-relay data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain pada jalurnya mulai dari sumber ke ujung sistem tujuan. PDU pada Internet Protocol disebut IP Datagram atau Datagram.IP akan menerima segment atau user datagram yang dikirimkan oleh Transport Layer dan memasukkan segment atau user datagram itu ke dalam IP datagram kemudian mengirimkannya ke komputer tujuan.

d. Network Access Layer

Sebuah Network Access Layer dalam konsep layer TCP/IP ini bertugas menerima IP datagram dari Internet Layer, kemudian memasukkan IP datagram itu ke frame dan mengirimkannya melalui Physical Layer. Demikian juga Network Access Layer bertugas untuk mengirimkan IP datagram yang dating melalui Physical Layer ke Internet Layer. Wide Area Network (WAN), Local Area Network (LAN), serta ISDN merupakan beberapa contoh teknologi pada layer ini.

e. Physical Layer

Lapisan fisik meliputi interface fisik antara suatu perangkat transmisi data (misal, komputer) dengan sebuah media transmisi atau jaringan. Lapisan ini berkaitan dengan karakteristik khusus dari media transmisi, sifat sinyal, rate data, dan lain-lain.

Parameter kinerja jaringan TCP

Beberapa parameter yang dijadikan referensi umum untuk dapat melihat performansi dari jaringan TCP adalah seperti : Throughput, Paket loss dan Delay.

Throughput

Throughput adalah kecepatan rata-rata data yang diterima oleh suatu suatu node dalam selang waktu pengamatan tertentu. Nilai throughput ini dipengaruhi oleh delay dan packet loss yang terjadi. dimana :
A = Jumlah paket yang diterima dengan benar

T = Waktu pengamatan (second)

Ps = Packet size (byte

Paket Loss / Kongesti

Paket loss didefinisikan sebagai kegagalan transmisi paket IP mencapai tujuannya. Kegagalan paket tersebut mencapai tujuan, dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti :

a.Terjadinya overload trafik pada jaringan
b.Tabrakan (congestion) pada jaringan
c.Error yang terjadi pada media fisik

Untuk menghitung loss digunakan persamaan di bawah ini

rumus troughtput pada tcp.jpg


dimana: A = Jumlah paket yang dikirim
B = Jumlah paket yang diterima

Delay

Delay adalah waktu tunda yang disebabkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya. Delay dalam jaringan TCP/IP dapat digolongkan sebagai berikut :

a.Packetization Delay

Delay yang disebabkan oleh waktu yang diperlukan untuk proses pembentukan paket IP dari infomasi user. Delay ini hanya terjadi sekali, yaitu di source informasi.

b. Queuing Delay

Delay ini disebabkan oleh waktu proses yang diperlukan oleh router didalam menangani antrian transmisi paket di sepanjang jaringan. Umumnya delay ini sangat kecil , kurang lebih 100 micro second.

c. Delay Propagasi

Proses perjalanan informasi selama didalam media transmisi, misalnya SDH, coax atau tembaga, menyebabkan delay yang disebut dengan delay propagasi.

d. Transmission Delay

Transmission Delay adalah waktu yang diperlukan sebuah paket data untuk melintasi suatu media. Transmission delay ditentukan oleh kecepatan media dan besar paket data.

e. Processing delay

Processing delay adalah waktu yang diperlukan oleh suatu perangkat jaringan untuk melihat rute, mengubah header, dan tugas switching lainnya.

TCP Reno

TCP Reno adalah pengembangan dari TCP yang sudah ada (TCP yang telah di modifikasi). Reno didefinisikan sebagai TCP yang berisi algoritma yang dijelaskan dalam RFC 2001 [Ste97]. Algoritma ini disebut juga dengan Agoritma Kendali Kongesti TCP yang terdiri dari: slow start, fast retransmit dan fast recovery, dan congestion avoidance.

a. Algoritma Slow Start

Slow start mengizinkan TCP memeriksa kondisi jaringan dengan menaikkan secara perlahan data yang diinjeksikan ke dalam network. Algoritma slow start menggunakan congestion window, untuk mengontrol flow data. Cwnd diinisialisasi ke satu segmen, biasanya 512 bytes. Prinsip slow start sederhana, bahwa untuk setiap ACK yang diterima, menambahkan satu segmen ke cwnd. Proses slow start dapat dilihat pada Gambar dibawah

ilustrasi proses slowstart.jpg

Pengirim dapat mengirim congestion windows minimum, atau ssthresh. Ssthresh diinisialisasi ke window yag diperlihatkan penerima. Saat cwnd lebih besar atau sama dengan nilai ssthresh, koneksi memasuki fase congestion avoidance. Jika kapasitas jaringan dapat dipenuhi sebelum cwnd lebih besar dari ssthresh, maka gateway akan memberi sinyal kongesti dengan membuang segmen dan TCP akan memasuki fase retransmit setelah tiga ACK duplikat.

b. Congestion Avoidance
Jalur bottleneck dapat terjadi saat saluran besar terhubung ke saluran kecil. Kongesti terjadi saat volume segmen dapat melampaui buffer space gateway. Gateway akan terus membuang segmen sampai buffer space tersedia. Proses ini memberi sinyal kongesti pada koneksi TCP melalui ACK duplikat atau retransmission timeout. Saat kongesti terjadi, koneksi melakukan recovery lalu memasuki congestion avoidance. Jika retransmission timeout terjadi, cwnd diset ke satu MSS. Saat cwnd > ssthresh, fase slow start selesai, dan congestion avoidance mengambil alih. Saat fase congestion avoidance, cwnd tidak akan pernah dipecah lebih dari satu segmen per RTT, jika semua segmen dalam window telah di-ACK. Ini merupakan laju pertumbuhan linear bila dibandingkan dengan laju pertumbuhan eksponensial slow start.

c. Fast Retransmit dan Fast Recovery

RTO terjadi karena mendeteksi lost segment dalam TCP. Saat timeout terjadi, TCP akan kembali kepada fase slow start dan retransmit segmen yang lost. Ini menimbulkan retransmisi yang tidak perlu dari segmen out-of-order yang diterima, yang sedang disimpan di buffer receiver. Jacobson mengajukan fase fast retransmit dan kembali ke slow start. Fast retransmit terjadi bila tiga ACK duplikat memicu retransmisi paket yang hilang.

Prinsip kerja dari fast retransmit adalah bahwa kebanyakan segmen out-of-order akan muncul setelah satu atau dua segmen. Setelah tiga ACK duplikat, telah aman jika diasumsikan segmen telah hilang. Jika pengirim sedang menerima ACK duplikat, maka data yang sedang melalui jaringan dan kembali ke slow start tidak dibutuhkan, sehingga fast recovery dapat dilakukan. Setelah tiga ACK duplikat, pengirim akan men-set ssthresh menjadi 2 1 1 cwnd yang meruntut turun ke banyak MSS yang terdekat. Cwnd diset sama dengan sthresh ditambah tiga MSS ( 2 1 1 cwnd ditambah tiga segmen yang diterima yang telah meninggalkan jaringan).

Cwnd akan di-update dengan satu MSS untuk setiap ACK duplikat tambahan yang diterima. Jika cwnd mengijinkan, pengirim akan mentransmit segmen baru kedalam jaringan. Segmen baru ini akan memicu ACK tambahan yang mungkin mengijinkan fase fast retransmit lainnya jika segmen tambahan telah hilang. Bila sepotong data baru di ACK, congestion window di set sama dengan ssthresh. Pengirim kemudian memasuki fasa congestion avoidance Proses fast retransmit ini dapat dilihat pada Gambar dibawah ini

rumus paket loss tcp.jpg
TCP SACK

TCP dengan Selective Acknowledgement (SACK), dispesifikasikan dalam RFC 2018 [MMFR96a], didesain untuk menyediakan informasi kehilangan banyak segmen dalam jendela data. Receiver data menggunakan pilihan SACK untuk menginformasikan pengirim tentang semua segmen yang berhasil diterima yang belum di ACK secara kumulatif. Pengirim menggunakan informasi yang di SACK untuk mentransmit ulang hanya segmen yang hilang. Pengirim dan penerima harus menjalankan implementasi TCP dengan SACK untuk menggunakan opsi SACK.

Kompatibilitas SACK diverifikasi dalam tiga cara handshake TCP dengan opsi Sack-Permitted. Opsi ini memelihara kompatibilitas dengan versi yang lebih tua dari TCP. TCP dengan Sack mengirim SACK-Permitted dalam segmen SYN saat inisialisasi koneksi. Receiver harus menjawab dengan opsi Sack-Permitted tidak ditemukan saat menjawab SYN, opsi SACK tidak akan digunakan selama koneksi. Jika segmen SYN jawabannya berisi opsi Sack-Permitted, maka kedua koneksi mampu mengirim opsi SACK pada koneksi tersebut. Opsi SACK dikirim oleh data receiver untuk menginformasikan pengirim data dari blok data non-contigous (yang tidak berdekatan), yang telah diantrikan di buffer terima receiver dalam window. Opsi SACK harus dimasukkan dalam semua ACK yang tidak mengacknowledge urutan angka tertingi yang diterima receiver. Sebuah blok SACK harus memasukkan data yang baru saja diterima dalam blok SACK pertama. Blok data SACK mengijinkan pengirim untuk retransmit hanya segmen yang hilang dalam fast retransmit dan fase fast recovery dari TCP. Header TCP dibatasi 64 bytes, tergantung pada jumlah opsi TCP, satu, dua, atau tiga blok SACK yang cocok dalam segmen. Daftar dari data outstanding yang diterima yang diambil dari blok SACK receiver yang disimpan dalam struktur data scoreboard. Pengirim dapat menggunakan scoreboard untuk menempatkan segmen yang telah hilang dan butuh di-retransmit.

Sumber :http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=10%3Ajaringan&id=278%3A-tcp&option=com_content&Itemid=15
Selengkapnya >> TCP

Teknologi Umum Wireless LAN

1. Standar IEEE 802.11
Standar IEEE 802.11 mengkhususkan pengembangan teknologi lapisan fisik dan link wireless LAN (lapisan 1 dan 2 OSI). Ada 6 standar yang dipakai:

a. 802.11a
Beroperasi pada band 5GHz dengan teknologi OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplex). Menawarkan data rate yang besar namun mempunyai range yang lebih kecil karena beroperasi pada frekuensi yang lebih tinggi dibanding standar 802.11b maupun 802.11g.

b. 802.11b
Merupakan standar yang beroperasi pada 2.4 GHz ISM. Standar ini memberikan daerah cakupan yang cukup baik dan menawarkan data rate pada 1, 2, 5.5, dan 11 Mbps yang dapat dipilih dengan menggunakan DSSS.

c. 802.11d
Standar kebutuhan fisik (channel, hopping, pattern, MIB snmp)

d. 802.11e
Pengembangan aplikasi LAN dengan Quality of Service (QoS), keamanan dan autentifikasi untuk aplikasi seperti suara, streaming media dan konferensi video.

e. 802.11f
Rekomendasi praktis untuk Multi-Vendor Access Point Interoperability melalui Inter-Access Point Protocol Access Distribution System Support.

f. 802.11g
Merupakan pengembangan 802.11b. Standar untuk penggunaan DSSS dengan transfer 20Mbps dan OFDM 54Mbps. Standar ini backward-compatible dengan 802.11b dan bisa dikembangkan sampai lebih dari 20Mbps

2. Mode Operasi 802.11

Pada standar 802.11 terdapat dua macam perangkat, yaitu sebuah station wireless (client), yang dapat berupa PC, laptop, atau PDA yang dilengkapi dengan wireless network interface card (NIC) dan sebuah access point (AP) yang berperan sebagai jembatan (bridge) antara jaringan wireless dengan jaringan kabel. AP dapat dikonfigurasi dalam tiga mode, yaitu mode root, mode repeater, dan mode bridge.

 a. Mode Root
 Biasanya digunakan ketika AP digunakan sebagai penghubung ke backbone jaringan kabel dengan interface-nya (biasanya ethernet). AP dapat berkomunikasi dengan AP yang lain guna koordinasi fungsi roaming seperti reasosiasi. Station wireless dapat berkomunikasi dengan station wireless yang lain yang terletak pada sel lain dengan AP yang bersangkutan melalui jaringan kabel.

b. Mode Bridge
 Pada mode ini AP berfungsi sebagai wireless bridge. Hanya AP model tertentu saja yang memiliki fungsi bridge dan harganya lebih mahal disbanding dengan AP biasa. Pada mode ini station tidak berasosiasi dengan bridge, akan tetapi bridge digunakan untuk menghubungkan dua segmen jaringan kabel secara wireless.

c. Mode Repeater
 Pada mode ini satu AP berfungsi sama seperti mode root dan AP yang lain sebagai repeater. Namun penggunaan mode ini tidak dianjurkan karena AP yang berfungsi sebagai repeater berkomunikasi dengan station begitu juga dengan AP jaringan diatasnya secara wireless sehingga mengurangi throughput pada segmen wireless dan akan mengalami delay yang lebih besar. Mode operasi pada standar 802.11 ada dua macam, yaitu mode adhoc dan infrastruktur.

d. Mode Ad Hoc
 Disebut juga mode peer to peer atau Independent Basic Service Set (IBSS) yang merupakan kumpulan dari dua atau lebih station wireless yang saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa menggunakan access point. Mode ini digunakan untuk membuat WLAN secara cepat dan mudah dimana saja dan kapan saja ketika akses ke jaringan kabel tidak dibutuhkan.
Mode Ad Hoc.JPG

e. Mode Infrastruktur

Dalam mode infrastruktur, jaringan wireless mambutuhkan paling sedikit satu access point dan lebih dari dua station wireless. Konfigurasi ini disebut juga Basic Server Set (BSS). Dalam pengembangannya, dua atau lebih BSS yang bergabung dan membentuk sebuah subnet tunggal selanjutnya disebut Extended Service Set (ESS). Trafik diteruskan dari satu BSS ke BSS yang lain melalui Distribution System (DS), yang biasanya berbentuk ethernet LAN. Mode ini yang paling banyak digunakan karena mencakup daerah yang lebih luas dan dapat menjalankan layanan aplikasi seperti file transfer, web browsing, telnet, voip, ataupun email.

Mode Infrastruktur.JPG
3 Layer Fisik 802.11

Pada layer fisik ini terdapat dua teknologi utama pada komunikasi wireless yaitu Radio Frequency dan InfraRed. Pada radio frequency terdapat FHSS dan DSSS yang keduanya berdasarkan teknologi spread spectrum. InfraRed tidak digunakan dalam wireless LAN karena tidak dapat digunakan dalam keadaan tidak line of sight (LOS) dan jarak jangkauan yang pendek. Komunikasi dengan menggunakan teknologi spread spectrum memiliki karakteristik bandwidth lebar dan daya kecil.

4 Layer Data Link 802.11
Terdiri atas dua lapisan sub layer, yaitu Logical Link Control (LLC) dan Media Access Control (MAC). 802.11 menggunakan LLC 802.2 dan 48-bit addressing yang sama seperti dipakai oleh LAN 802 yang lain. Hal ini menyebabkan proses bridging yang sederhana dari jaringan wireless ke jaringan kabel IEEE yang lain. MAC 802.11 mirip dengan konsep 802.3 (ethernet) yang didesain untuk mendukung banyak pengguna dalam sharing medium dengan tiap pengirim diharuskan untuk merasakan (sense) medium sebelum mengaksesnya.

5 Asosiasi, Arsitektur Selular dan Roaming
 Layer MAC 802.11 bertanggung jawab terhadap cara sebuah station untuk terasosiasi dengan sebuah AP. Ketika sebuah station berada pada daerah jangkauan dari beberapa buah AP sekaligus, station tersebut akan memilih sebuah AP untuk berasosiasi berdasarkan kekuatan sinyal dan pengamatan packet error rates. Ketika AP tersebut menerima permintaan asosiasi, station tersebut akan berpindah pada channel radio yang diapakai oleh AP. Secara periodik, station tersebut akan memindai semua channel 802.11 untuk mencari access point lain yang memiliki unjuk kerja lebih baik. Jika AP baru yang lebih baik tersebut ditemukan, station akan melakukan reasosiasi dengan AP baru tersebut dan berpindah pada channel yang dipakainya Reasosiasi biasanya terjadi karena wireless station berpindah secara fisik dari AP semula sehingga sinyal yang diterima melemah. Reasosiasi juga dapat terjadi karena perubahan karakteristik radio dalam sebuah gedung atau karena trafik jaringan yang tinggi pada AP semula.

6 Interferensi

Direct Interference, merupakan interferensi yang disebabkan oleh perangkat-perangkat 802.11 lain yang beroperasi pada frekuensi atau kanal yang sama dalam satu area.

Indirect Interference, merupakan interferensi yang disebabkan oleh perangkat-perangkat selain 802.11 tetapi bekerja pada spektrum frekuensi yang sama.

Path Interference, dibagi dalam 4 kategori; Reflection, Refraction, Diffraction, dan Scattering. Frekuensi radio (terutama pada range 5 Ghz) memiliki kecenderungan yang kuat untuk dipantulkan oleh benda-benda logam, cermin, dan benda keras lainnya.

Path Interference.JPG

Line of Sight Interference
Disebabkan oleh penyerapan sinyal oleh benda-benda yang dilaluinya.

7 Pemilihan Channel
Untuk menghindari interferensi, untuk jaringan yang menggunakan banyak channel diperlukan minimal jarak frekuensi tengah setiap channel yang digunakan adalah minimal 25 MHz. Channel-channel yang dapat digunakan secara berdekatan tanpa pengaruh interferensi (non-overlapping) adalah channel 1, 6, dan 11. Gambar di bawah ini menunjukan pemilihan channel yang tidak saling mengganggu.

Channel non Overlapping.JPG
Channel-channel non overlapping ini berguna untuk desain jaringan yang terdiri dari banyak access point yang saling berdekatan, dimana dengan menggunakan ketiga channel non-overlapping yang berbeda untuk setiap access point maka jaringan tersebut akan terhindar dari interferensi. Pada perencanaan kali inidigunakan pemilihan channel seperti pada tipe yang pertama yaitu channel 1,6 dan 11 agar frekuensi yang digunakan tidak saling menginterferensi satu sama lain.

8 Fade Margin

Fade margin adalah perbedaan antara besarnya sinyal pada receiver (RSL) dengan sinyal minimum yang ditentukan oleh suatu perangkat. Tingginya fade margin lebih real pada hubungan akan tepat jumlahnya untuk mempertahankan suatu link. Tetapi kondisi fade margin yang baik adalah lebih besar dari 10dB. Besarnya fade margin dapat dihitung dengan persamaan :
Fade margin = RSL – Receiver threshold
Selengkapnya >> Teknologi Umum Wireless LAN

Remote DSLAM

Pada dasarnya prinsip kerja Remote DSLAM sama dengan DSLAM biasanya, yang membedakannya yaitu Remote DSLAM ditujukan bagi pelanggan yang berada pada jaringan fiber dan bagi pelanggan yang letaknya jauh dari sentral, kapasitas yang lebih kecil untuk satu jenis xDSL saja, serta penempatannya tidak diletakkan dekat sentral, melainkan penempatannya dekat dengan Remote Terminal. Hal tersebut bertujuan untuk merendahkan jarak antara sentral DSLAM dengan modem pelanggan agar didapatkan kecepatan akses internet yang lebih besar.

DSLAM adalah konfigurasi perangkat xDSL yang secara fisik modem sentralnya berupa card module yang berisi banyak modem sentral yang dapat mengakomodir banyak pelanggan DSL untuk kemudian dihubungkan dengan satu jaringan backbone dengan kecepatan yang tinggi DSLAM menyediakan layanan transmisi data kecepatan tinggi dengan memanfaatkan kabel eksisting yang sudah ada. Pada saat sentral telepon menerima signal DSL, maka modem ADSL akan mendeteksi suara dan data. Suara akan dikirim ke PSTN, sedangkan data akan dikirimkan ke DSLAM, dimana ini melewati IP menuju Internet, lalu kembali ke DSLAM dan ADSL sebelum ke pengguna.


Gambaran sederhana dari konfigurasi DSLAM ditunjukkan pada gambar sebagai berikut


konfigurasi jaringan dslam.jpg



Cara kerja DSLAM pada prinsipnya sama dengan DSL. DSLAM memisahkan frekuensi sinyal suara dari trafik data kecepatan tinggi, serta mengontrol dan merutekan trafik Digital Subriber Line ( xDSL ) antara perangkat end-user, seperti: router, modem, network interface card dengan jaringan penyedia layanan. DSLAM menyalurkan data digital memasuki jaringan suara POTS ( Plain Ordinary Telephone Service ) ketika mencapai di CO ( central Office ). DSLAMmengalihkan kanal suara ( biasanya dengan menggunakan spliter POTS ) sehingga sinyal tersebut dapat dikirim melalui PSTN, dan kanal data yang sudah ada kemudian ditransmisikan melalui DSLAM yang sebenarnya adalah kumpulan modem DSL. Setelah menghilangkan sinyal suara analog, DSLAM mengumpulkan sinyal-sinyal yang berasal dari end user dan menyatukan menjadi sinyal tunggal dengan bandwitdh lebar, melalui proses multiplexing. Sinyal yang sudah disatukan ini disalurkan dengan kecepatan Mbps ke dalam kanal oleh peralatan switching backbone melalui jaringan akses ( Access Network ) yang biasa disebut network service provider ( NSP ). Sinyal yang dikirimkan melalui internet atau jaringan lain muncul kembali pada CO yang dituju, dimana DSLAM yang lain menunggu.

Sumber: http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=10%3Ajaringan&id=137%3Aremote-dslam&option=com_content&Itemid=15
Selengkapnya >> Remote DSLAM

Jaringan Koaksial

Jaringan koaksial sendiri terdiri dari tiga segmenyaitu :

a. express coaxial plant
b. feeder coaxial plant
c. passive feeder segment.

Express Coaxial Plant
Express coaxial plant bertugas untukmenyampaikan keseluruhan layanan secaralengkap dari headend yang dalam hal ini jugasebagai pusat distribusi ke wilayah layanan.Umumnya jaringan express merupakan susunan 1hingga 3 penguat (amplifier) yang disusun seri(cascade) yang beroperasi pada level yang cukuprendah jika dibandingkan dengan penguat tap.

Feeder Coaxial Plant
Feeder coaxial plant ini meneruskanjaringan express. Berupa penguat tap (tapamplifier) sebagai perangkat aktif terakhir padajaringan, dengan level keluaran yang tinggi (highoutputlevel amplifier) yang mengirimkan sinyalke bagian pasif dari jaringan yang pada akhirnyaterhubung pada rumah pelanggan.

Passive Feeder Segment
Jaringan feeder pasif (passive feeder network) merupakan sambungan terakhir kerumah pelanggan. Jaringan pasif terdiri dari kabel koaksial dan tap - tap tanpa penguat lagi. Tap - tap menyediakan titik hubungan terakhir ke rumah pelanggan.

KomponenPenyusun Jaringan CATV

a. Headend
Fungsi utama dari Headend antara lain:
· Sumber dari seluruh mata acara program.
· Tempat pemrosesan dan penyambungansinyal dari berbagai sumber.
· Tempat pengolahan dan pengadministrasian acara.

b. Modulator dan Demodulator
Sinyal-sinyal sumber yang diterima oleh perangkat headend akan dimodulasi ke dalam suatu frekuensi carrier tertentu sebelum dikirim ke combiner. Oleh karena itu, dibutuhkanperangkat modulator yang mampu menempatkanatau menumpangkan sinyal-sinyal sumber tersebut pada sinyal pembawa RF yang sesuai. Demodulator ini digunakan untuk memisahkan sinyal-sinyal baseband audio dan video dari frekuensi sinyal pembawanya.

c.  Kabel Koaksial
Kabel koaksial berfungsi sebagai penghubung seluruh komponen baik aktif maupun pasif pada jaringan koaksial dan secara bersama - sama mengirimkan sinyal RF ke pelanggan.
 
a. Kabel Express dan Feeder
Kabel koaksial dengan diameter besar biasa digunakan untuk menyalurkan sinyal pada jarak yang cukup jauh. Sedangkan kabel koaksial dengan diameter yang lebih kecil biasa digunakan untuk menyalurkan sinyal pada jarak yang dekat. Selain itu, ketika jumlah loss yang tinggi lebih disebabkan oleh rugi-rugi tap daripada rugi-rugi kabel itu sendiri.
 
b.Kabel Drop dan In-home
Kabel drop dan in-home yang biasa digunakan adalah kabel koaksial dengan konduktor pusat baja berlapis tembaga (copperplated steel). Dalam sistem kabel yang umum, hampir setengah dari keseluruhan panjang kabel, digunakan oleh kabel drop.

c.Amplifier
Amplifier adalah suatu perangkat aktif yang berfungsi untuk menguatkan sinyal RF sehingga tetap berada pada level yang dikehendaki.

d.Splitter
Splitter adalah perangkat pasif yangberfungsi untuk membagi sinyal. Penggunaan splitter disebabkan karena terbatasnya jumlah keluaran dan perangkat aktif (Amplifier), sehingga dengan penggunaan splitter arahpenggelaran kabel koaksial ke rumah-rumah pelanggan dapat diperbanyak.

e. Directional Coupler
Directional coupler merupakan perangkat pasif yang berfungsi sebagai pencabang pada jaringan koaksial. Prinsip kerja dari directional coupler ini hampir sama dengan splitter, yaitu pembagian sinyal masukan.

f. Tap
Tap adalah perangkat pasif yang berfungsi sebagai titik terminasi akhir dari jaringan koaksial sebelum disalurkan ke rumah rumah pelanggan.

g. Terminator
Terminator suatu perangkat yang berfungsi sebagai matching impedance atau penutup saluran yang tidak digunakan oleh user.

Sumber :http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=10%3Ajaringan&id=139%3Ajaringan-koaksial&option=com_content&Itemid=15
Selengkapnya >> Jaringan Koaksial

Teknologi Bluetooth

Bluetooth ditemukan pada tahun 1994 yang dimaksudkan untuk mengganti jaringan kabel yang sudah ada. Bluetooth menggunakan sistem komunikasi radio sebagai media transmisinya dan tidak dibutuhkan kondisi LOS (Line Of Sight) dalam transmisinya. Adapun karakteristik Bluetooth adalah sebagai berikut :

o Beroperasi pada 2.4GHz ISM (Industrial, Scientific, and Medical) band
o Bekerja dengan FHSS (Frequency Hopping Spread Spectrum) dengan 1600 hops/s
o Mengonsumsi daya yang kecil, adapun klasifikasinya sebagai berikut :
o Data rate maksimal 1 Mbps
o Modulasi menggunakan GFSK (Gaussian Frequency Shift Keying)

Arsitektur Topologi Jaringan Bluetooth

a. Point to Point Link
Topologi ini hanya menghubungkan dua perangkat Bluetooth devices (master-slave relationship). Device yang memulai hubungan menjadi master sedangkan device yang dituju menjadi slave.

konfigurasi p2p.jpg

b. Topologi Jaringan Piconet

Piconet merupakan jaringan yang lebih sederhana dalam topologi Bluetooth. Adapun ciri-cirinya adalah :

o Memiliki sebuah master dan dua atau lebih (maksimal tujuh) slave dalam satu jaringan.
o Maksimum data rate 1 Mbps
o ID dan clock master menentukan urutan dan fasa frekuensi hopping
o Seluruh device dalam jaringan melakukan hop secara bersamaan
o Frequency hopping menggunakan 79 channel RF dalam band 2.4GHz ISM dengan spasi 1 MHz
piconet.jpg

c. Topologi Jaringan Scatternet

Scatternet merupakan topologi yang lebih kompleks karena merupakan gabungan dari dua atau lebih jaringan Piconet. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

o Tiap Piconet dapat diakses secarabersamaan
o Frequency hopping menggunakan 79 channel RF dalam band 2.4GHz ISM dengan spasi 1 MHz
o Maksimum data rate 1 Mbps
o Menghubungkan multiple-Piconet secara bersamaaan kedalam jaringan Scatternet (maksimal sepuluh Piconet)
o Master atau slave dapat difungsikan sebagai Bridge node
o Tiap Piconet harus disinkronisasikan terlebih dahulu supaya menghindari interferensi.
scaternet.jpg

Adapun service yang ditawarkan dalam jaringan ini adalah :
o Sinkronisasi data
o Printing, faksimili, scanner
o Internet
o E-commerce

Arsitektur Bluetooth

Spesifikasi sistem bluetooth bersifat bebas sehingga mengakibatkan diferensiasi arsitektur produk dengan memperhatikan faktor interoperability (kemampuan untuk saling beroperasi antar perangkat yang berbeda). Adapun protokol stack dalam Bluetooth adalah sebagai berikut :
layer blutut.jpg

Bluetooth memiliki empat layer utama, diantaranya adalah :

1. Layer 1 yaitu L2CAP (Logical Link Control and Adaptation Protocol), layer ini terdiri dari:
SDP (Service Discovery Protocol) bertugas untuk mengetahui layanan perangkat paired devicesnya
GAP (Generic Access Profiles) bertugas untuk mengatur akses data dengan paired devicesnya
2. Layer 2 yaitu LMP (Link Manager Protocol) bertugas untuk mentransportasikan data.
3. Layer 3 yaitu LCP (Link Controller Protocol) atau Baseband bertugas untuk mengatur encoding dan decoding, serta error control paket dari LMP.
4. Layer paling bawah yaitu RF (Radio Frequency Protocol) bertugas untuk mengatur transceiver (transmiter-receiver) pengiriman dan penerimaan sinyal radio dari dan ke paired devicesnya.

Format Bluetooth
format blutut.jpg

• Isi dari access code ini adalah alamat dari master tiap piconet
• Tujuan dari adanya header adalah :
1. Adressing (3 bit), maksimal 7 slave
2. Packet type (4 bit), 16 tipe paket
3. Flow control (1 bit)
4. 1-bit ARQ
5. Sequencing, untuk menyaring ulang paket
6. HEC (Header Error Correction), mengecek header yang telah dikirim
      • Isi dari payload adalah 0-2744 bit data yang dikirm.

Sumber : http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=10%3Ajaringan&id=60%3Ateknologi-bluetooth&option=com_content&Itemid=15
Selengkapnya >> Teknologi Bluetooth

Service set identifier

SSID atau Service set identifier adalah tempat mengisikan nama dari access point yang akan disetting. Apabila klien komputer sedang mengakses kita misalnya dengan menggunakan super scan, maka nama yang akan timbul adalah nama SSID yang diisikan tersebut.
Biasanya SSID untuk tiap Wireless Access Point adalah berbeda. Untuk keamanan jaringan Wireless bisa juga SSID nya di hidden sehingga user dengan wireless card tidak bisa mendeteksi keberadaan jaringan wireless tersebut dan tentunya mengurangi risiko di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Service_set_identifier
Selengkapnya >> Service set identifier

Blog Archive

 

About Me